Jawaban Soal Ulangan Harian Informatika Kelas 8

Nama : Kayyasah Nayla
Kelas : 8C
Absen : 17
Nilai : 87

1. Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut! (5)

    Jawaban : Berpikir Komputasional(BK), Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK), Sistem Komputer(SK), Jaringan Komputer dan Internet(JKI), Analsis Data(AD), Algoritma dan Pemrograman(AP), Dampak Sosial Informatika(DSI), Praktik Lintas Bidang(PLB)

2. Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan Komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat. (5)

    Jawaban : Iya, karena konsep Informatika sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari.

3. Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika! (5)

    Jawaban : 1. Informatika didasari berpikir komputasional sebagai landasan berpikir.
                     2. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi.
                     3. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman menyenangkan.
                     4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan bidang lain.
                     5. Pembelajaran informatika  akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital.
                     6. Pembelajaran informatika kelas VII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.

4. Coba kalian tuliskan dan berikan contoh belajar informatika tanpa menggunakan Komputer dan internet! (5)

    Jawaban : Menyimak dan mempelajari terlebih dahulu mengenai materi yang dibahas dari bacaan, atau media lin, kemudian berlatih dengn aktivits terntu. 

5. Sebutkan keenam dimensi Profil pelajar pancasila tersebut! (5)

    Jawaban : Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, Berkebinekaan global, Mandiri, Bergotong royong, Bernalar kritis, Kreatif

6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari! (5)

    Jawaban : Sudah, kegiatan saya sehari-hari adalah sholat 5 kali sehari, mengerjakan tugas sebelum deadline, menggambar secara bebas dengan kreativitas 

7. Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru INFORMATIKA secara berkelompok? (5)

    Jawaban : Membuat PPT dan mempresentasikan di depan kelas bersama

8. Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contoh-contohnya! (5)

    Jawaban : Iya. Contohnya mengisi ember dengan air

9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai! (5)

    Jawaban : Microsoft Word, PowerPoint, Canva, Adobe Photoshop, Excel, Zoom

10. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan dengan lengkap alamat blog kamu! (3)

    Jawaban : Membuat blog "Jaringan Komputer", membuat blog "Teknologi Informasi dan Komunikasi", membuat PPT "Aman Bermedia Digital". Alamat blog saya

11. Buatlah sebuat cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai! (4)

    Jawaban :
Depan
Belakang

12. Setelah mempelajari setiap elemen Informatika di kelas VII, apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri! (0)

    Jawaban : Tidak dapat

13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas! (0)

    Jawaban : 

14. Elemen apa yang menurut kalian merupakan muatan paling banyak dan paling penting? (5)

    Jawaban : Berpikir komputasional

15. Buatlah sebuah album dengan Microsoft power point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senen sampai Jumat! (5)

    Jawaban : 

16. Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu? (5)

Jawaban : 
1 Gula pasir = 30,000
Uang yang dibawa = 100,000
30,000 x 3 = 90,000
100,000 - 90,000 = 10,000
Jadi, bungku gula yang kita dapat adalah 3 bungkus, dan uang tersisa yang dikembalikan adalah 10,000

17. Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: 1 .Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut! Karena untuk keluar menjadi persegi dari K, bentuknya harus menjadi segitiga, dan hanya pintu masuk 1 yang menghasilkan segitiga. (5)

    Jawaban : B

18. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak! (5)

    Jawaban : 


19. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng! (5)

    Jawaban : 1. Siapkan panci dan piring
                     2. Isikan setengah panci dengan air dan nunggu sampai mendidih
                     3. Ambil bungkus Indomie dan dibuka
                     4. Tuangkan bumbu-bumbu ke dalam piring
                     6. Jika air sudah mendidih, tarokan mie dalam air secara pelan-pelan
                     7. Menunggu sampai mienya berpisah-pisah, menandai sudah matang
                     8. Jika sudah matang, perlahan-lahan buang air panas ke wastafel
                     9. Setelah airnya sudah gaada, tuangkan mienya ke dalam piring
                    10. Adukkan mie dan bumbunya
                    11. Optional, tapi saya tambahkan telor

20. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7! (bagi yang tidak ikut, ceritakan keadaanmu saat itu) (5)

    Jawaban : Berikut slide tersebut

Comments

Popular posts from this blog

Jaringan Komputer

Teknologi Informasi Dan Komunikasi